Tuesday, October 1, 2019

TV Polytron Minimax MX52M17 21" Mati staynbe atau Protek

Halo sobat blogger,kali ini saya akan memberikan pengalaman saya servis tv polytron 21" seri minimax dengan type MX52M17 dengan keluhan mati protek yah... 
tv ini menggunakan part sebagai berikut :
PSU menggunakan feet 7N65
Transistor Horisontal TDA 1803
IC Vertikal 78040
FBT JF-0501-19577
IC Croma HBT-00-04G

Saya coba menyalakan tv nya,,ternyata benar hanya dalam hitungan detik setelah layar biru muncul tv langsung protek atau mati stynbe.kemudian saya coba menyalakan paksa dengan menahan tombol menu pada remot,ternyata tv dapat hidup normal.setelah sampai disini bisa menganalisa kerusakanya,karena titik protek tv polytron biasanya pada bagian vertikal ,bisa ic kendor solderanya,bisa juga ada elko-elko yang kering.
selanjutnya tv saya buka ,ternyata tv ini banyak debu nya,seperti biasa saya memnbersihkan debu-debu tersebut,sambil menganati komponen-komponen yang mencurigakan,,,
Ternyata dilihat dari fisiknya komponenya masih bagus,dan ternyata tv ini juga sudah pernah di servis beberapa kali ,karna dari solderan di kaki ic vertikal sudah pada terkelupas,dan elko2 di bagian vertikal juga sudah pada di ganti baru,
sampai sini saya berfikir,kenapa elko sudah pernah di ganti baru kok sekarang protek,dan di tampuilan tv saat dihidupkan paksa tidak ada tanda-tanda gambar cacat..
saya coba akan mengganti ic vertikalnya dulu siapa tau sudah lemah,dan pcb kaki ic vertikal ternyata sudah pada ngelupas,jadi agak sulit untung menyolder kembali,saya ganti ic vertikalnya,eehh ternyata sama saja,

Sayas pasang kembali yg aslinya ic vertikalnya,kemudian saya cek elko-elko di bagian vertikal,ternyata ada 1 elko yg kaki sebelah dalam agak njamur/putih berkapur,dan saya ganti elko tersebut,ada 2 elko yang ukuranya 1uf/50v tepatnya C402 dan C411,saya ganti semuanya,,
kemudian saya coba menyalakan tv tersebut,,jreengg,,tv nyala normal..
Sekian pengalaman saya hari ini..semoga bermanfaat yah,,, terimakasih...

3 comments:

  1. C402 1uf 50v,klo diganti msh protek biasanya elko 100uf 50v jg udh agak kering. Tp klo 2 2 nya dignt msh protek biasanya 1uf tak gnt 4.7uf atau 10uf 50v. Lngsng cling mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali,sering kali saya juga tak ganti 3 elko tersebut, 1uf ada 2,dan 100uf ada 1.

      Delete
  2. Kalo awal start ada garis veetikal lalu protek,,,apa nya yang harus di cek,mhn jawaban suhu,trima kasih

    ReplyDelete