Monday, April 29, 2019

Mengganti Playback TV SHARP SALVO SLIM seri FBT FA142WJZZ dengan FBT JF0501-32636

Selamat sore sobat blogger...
Kali ini saya akan menerangkan sedikit cara mengganti fbt tv sharp salvo slim 21"
FBT aslinya rusak pada screen nya,kadang normal,kadang gelap dan kadang sampai blanking putih bergaris.
fbt aslinya menggunakan seri FA142WJZZ/BSC25-0224B simetris dan ini data pin kaki nya

C-B+-GND-NC-+14-(-14/AFC)-185-GND-HTR-ABL

Dan ini pin fbt pengganti JF0501-32636

C-B+-GND-26-+16-(-16/AFC)-185-GND-HTR-ABL
Setelah semua terpasang dan fbt sudah di pastikan bener" terpasang ,kita lepas dulu ic vertikalnya karena fbt lama dengan fbt yg baru ada perbedaan di supply vertikal nya,jadi kita ukur dulu tegangan simetrisnya.
Setelah saya lepas ic vertikalnya saya coba nyalakan tv nya yang pasti tv protek ya...saya akan mengukur tegangan vertikalnya,sasaat tv star ,dan ternyata tegangan yang di pin data nya +16V ini keluar tegangan 28V...wow...dan yang (-16V/AFC) normal malah terukur -15v
kemudian saya berfikir menurunkan tegangan ac nya dulu artinya saya akan mencabut resistor ukuran ohm (fuse) akan saya ganti dengan lilitan kabel yang di lilitkan ke ferit fbt,karna ini menurunkan tegangan maka,lilitan tersebut adalah berlawanan dengan jarum jam,saya melilit mulai dari bebrapa lilitan sampai mendapatkan 15Volt,dan saya mendapatkan sampai 15lilit ke ferit fbt.ujung kabel satu di sambung ke titik bekas kaki resistor yg menuju ke kaki fbt,dan ujung satunya lagi ke titik bekas kaki resistor yg menuju ke dioda penyerah.
Setelah proses ,melilit sudah selesai dan tegangan sudah terukur 15v dan -15v kemudian saya memasang ic vertikal nya LA78041,kemudian nyalakan tv nya,
allhamdulillah tv nya nyala dan lebar vertikal horisontal pas semua dan sudah tidak gelap-terang lagi.

Sekian dulu pengalaman saya kali ini... sampai jumpa di lain kali ya...

No comments:

Post a Comment