Thursday, October 3, 2019

TV LG Super Slim 21SB6RD Protek ,tegangan B+ jadi drop

Selamat Sore sobat blogger,,
Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai TV LG Super Slim 21",model 21SB6RD 

Dengan keluhan Protek hidup sebentar belum sampai layar membuka sudah mati stynbe lagi.
TV ini menggunakan part sebagai berikut :
PSU STR F6554
Transistor Horisontal D2901
IC Vertikal 78141
IC Croma LV76211 3C
FBT BSC25-N1534

TV saya bongkar ,seperti biasa bersihkan debu yang menempel pd mesin tv sambil mengamati komponen yang mencurigakan

Dan kemudian cek bagian solderan apakah ada yg kendor,ternyata kelihatan ada yg kendor di bagian ic vertikan,setelah saya solder seluruh bagian yg kendor,setelah semua terlihat tidak kendor tv coba saya nyalakan,,tetapi hasilnya masih sama seperti semula yaitu protek.saya coba mengukur tegangan B+ pada waktu tv star sesaat adalah 115V langsung drop ke 60V.

Di sini saya mencoba melepas beban B+ yang menuju FBT dan saya nyalakan tv sambil mengukur tegangan,tv star dan tegangan B+ tidak drop lagi,saya berfikir kemungkinan di bagian horisontal,kemudian saya cek transistor horisontal ,tak lepas dan tak ukur pake Multitester andalann saya,,,laahhh,, ternyata tidak konslet,wah garuk-garuk kepala nih,sebelum memfonis FBT saya coba meneliti semua komponen di bagian horisontal,terutama capasitor,seteah di cek semua baik2 saja,,berarti memang FBT nya yg harus di ganti.
Sebelum saya niat beli ke toko saya telp temen saya dulu yang kerjanya seprofesi dg saya,tanya apa punya FBT tersebut atau tidak,ternyata punya stok,kalo ke temen sendiri kan kalo bukan FBT yg rusak bisa di kembalikan lagi,kalo ke toko kan tidak bisa,heheh...
Setelah FBT saya ambil ke rumah teman,dan langsung saya pasang ,TV saya nyalakan sambil mengukur tegangan ,sekarang tegangan normal 115V, TV pun star menyala tidak protek lagi,tapiii,,, setelah saya melihat layarnya dapat bonus,gambar kurang lebar agak banyak,wahh,wahh,, padahal FBT seri no part nya sama BSC25-N1534.tapi kok lebarnya kurang banyak,
Kemudian saya mencoba mengganti Capasitor Dumper C414 dengan nilai 103 / 2000V saya ganti 123 /2000V,setelah saya ganti tv saya nyalakan lagi,masih saja kurang lebar tetapi sedikit,kemudian saya membuat lilitan kabel yoke horisontal yg warna merah di lilitkan ke FBT se arah jarum jam,jumlah lilitan menyesuaikan lebar gambar nya.

setelah saya lilit tv sudah lebar secara normal,sayan coba sampai 15 menit,kemudian saya tutup tv nya,,dan selesaii,,, 

terimakasih...semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment